Tahukah Kamu Karakteristik Website User Friendly ?

Tahukah Kamu Karakteristik Website User Friendly ?

Kalau kamu ingin membuat website kepada web designer / developer, pasti mau kan punya website yang mudah digunakan ?. Tentunya sangatlah wajar memiliki permintaan tersebut, karena kamu sebagai pemilik website ingin lebih bagus dan memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi, hingga akhirnya pengunjung suka berada di website tersebut.

Sekarang pertanyaannya apa sih maksud website user friendly itu? apa ciri-cirinya?. Membuat website user friendly itu gampang-gampang susah, ada beberapa faktor yang harus dipenuhi hingga sebuah website bisa disebut user friendly. Berikut ciri-cirinya.

1.  Identitas website

Sebaiknya sebuah website dilengkapi dengan logo dan nama yang jelas agar pengunjung tidak bingung mereka sedang mengunjungi website apa. Sebagai informasi tambahan pemilik website juga bisa memberikan informasi alamat kantor website tersebut, lengkap dengan nomor telepon dan email agar pengunjung bisa dengan mudah menghubungi jika ada sesuatu yang ingin mereka sampaikan baik itu ketika ingin menjalin kerjasama, ketika ingin melalukan komplain, atau sekedar ingin menyapa dan mengucapkan terima kasih kepada sang pemilik website.

2.  Teks mudah untuk dibaca

Jika tulisan di website kamu sulit dibaca, baik itu karena perpaduan warna yang tidak tepat, jarak yang terlalu rapat, ukurannya yang sangat kecil, atau terlalu besar tentu akan membuat pengunjung mengalami kesulitan. Jangan sampai pengunjung meninggalkan website kamu hanya karena ukuran font.

3.  Desain dan penempatan elemen

Pembuat website harus tau dimana mereka harus menempatkan sebuah tombol agar sering di klik oleh pengunjung, selain itu mereka juga harus paham dimana harus menaruh form pencarian agar pengunjung tidak bingung ketika ingin mencari informasi tertentu, selain itu harus bisa menempatkan menu navigasi agar pengunjung bisa menjelajah dengan mudah, membedakan warna teks biasa dan warna teks link juga penting untuk diperhatikan agar pengunjung tidak bingung.

4.  Waktu loading cepat

Website bisa menjadi lebih berat ketika terlalu banyak sumber daya yang berbeda seperti gambar, media sosial, audio maupun video. Hal tersebut tentu saja bisa membuat website menjadi lambat dan pengunjung bisa kesal dan akhirnya meninggalkan website. Untuk itu, faktor kecepatan tentu saja sangat penting.

5.  Berjalan dengan baik pada berbagai perangkat

Dengan membuat website yang bisa dibuka dengan maksimal pada berbagai jenis perangkat dan bermacam ukuran layar seperti pada komputer desktop, komputer tablet dan smartphone agar dapat secara otomatis menyesuaikan tampilannya dengan ukuran layarnya sehingga tidak berantakan dan tidak perlu di zoom ketika pengunjung ingin membaca.

Translate »
error: