Mau Jadi IT Consultant? Persiapkan Hal Ini Dulu Ya

Assalamualaikum

Mau tanya, sudah baca artikel sebelumnya belum? Yang berjudul apa sih it consultant itu, nah kalau belum harap baca dulu ya sahabat.

Pada artikel yang berjudul Mau Jadi It Consultant? Persiapkan Hal Ini Dulu, pastinya kalian sudah tau dong dari judul. Jadi langsung saja simak saja ya sahabat.

Dari segi penghasilan, mereka para konsultan bisa dibilang berpenghasilan diatas rata-rata. Mengapa Konsultan IT mempunyai gaji di atas rata-rata :

  1. Stress Tingkat Tinggi

Hal ini dikarenakan pekerjaan sehari-hari mereka yang memiliki tingkat stress yang cukup tinggi. Tingkat stress yang menjadikan seorang konsultan IT bertahan dibawah satu tahun. Tingkat “resign” para konsultan sangat tinggi. Oleh karena itu lowongan pekerjaan sebagai jagoan komputer akan selalu tersedia banyak sekali.

  1. Pekerjaan Tidak Jelas

Mungkin akan banyak yang tidak setuju dengan pernyataan “pekerjaan tidak jelas”. Karena untuk berjalannya sebuah projek IT, prasyarat yang harus ada adalah dokumen panduan pengerjaan. Secara sederhana, buku mengenai hal-hal apa saja yang harus dikerjakan harus sudah ada. Pada kenyataan nya, buku semacam itu memang ada, namun seiring projek berjalan, buku tersebut jarang dipatuhi, terutama oleh klien yang punya projek. Karena kebanyakan buku semacam itu tidak men-detail dan tidak lengkap.

  1. Jam Kerja Tidak Karuan

Mungkin orang IT lah yang memiliki jam kerja paling tidak karuan setelah daripada satpam dan kerja part time. Begadang berhari-hari di kantor klien bahkan sering kali menginap adalah keseharian si orang IT. Begadang terpaksa dilakukan karena memang ada problem yang bersumber dari si konsultan dan tidak jarang juga sumber datang dari si klien.

Ada pepatah mengatakan “jika tidak ingin kena panas kompor, maka jangan main ke dapur”. Diatas adalah kurang lebih sisi kurang menyenangkan seorang pekerja IT. Banyak mereka yang bertahan, dan banyak juga mereka yang berguguran. Banyak yang ketagihan stress tingkat tinggi, dan banyak juga yang muak dengan stress tingkat tinggi. Banyak yang berhasil memberikan solusi pada klien nya, dan banyak juga yang gagal dan akhirnya ribut perang email dengan pihak klien. Maka dari itu tak heran jika gaji seorang konsultan IT berada di atas rata-rata.

Dan sebagai seorang konsultan IT, hal yang perlu kamu layani diantaranya:

  1. Desain sistem yang up to date
  2. Audit sistem
  3. Permasalahan seputar Hardware
  4. Permasalahan seputar Software
  5. Membangun software dan sistem sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  6. Penyelesaian permasalahan pada sistem yang sudah ada
  7. Mengoptimalisasi sistem yang sudah ada
  8. Membangun jaringan offline
  9. Membangun jaringan online bila diminta
  10. Melakukan pemeliharaan jaringan offline maupun online

Hal-hal bagus mengenai IT tidak akan ada habis-habis nya dibahas. Semua itu akan bergerak liar tergantung domain pembicaraan apakah domain lifestyle, masa depan dan lain lain. Namun ada satu domain pembahasan yang jarang dibuka dan dibicarakan. Sisi-sisi yang menjadikan IT menempati posisi terhormat dalam jajaran profesi. Hal yang menjadikan para konsultan IT banyak diburu dan dicari dengan gaji yang fantastik.

Translate »
error: