Manfaat Website Bagi Pengusaha UMKM

Apa itu UMKM? Sebelum saya menjelaskan pengertian UMKM mari kita mengenal terlebih dahulu UKM, UKM merupakan singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih sebanyak – banyaknya 200 juta. Kekayaan tersebut tidak termasuk ke dalam tanah dan bangunan tentunya. Dan yang paling penting, usaha tersebut berdiri sendiri, tidak termasuk ke dalam suatu grup usaha yang lebih besar.

Lalu apa bedanya dengan UMKM? UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: Maks. Rp 50 Juta, kriteria Omzet: Maks. Rp 300 juta rupiah.

 

  1. Mempermudah Komunikasi

Dengan website, agar bisa berkomunikasi dengan mudah. Baik itu dengan klien Anda, dengan teman-teman Anda, dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.

Adanya kotak komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website.

  1. Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda

Sebuah perusahaan atau organisasi tentu ingin jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif. semakin dikenal profil maka akan makin terkenal profil tersebut.

  1. Mendatangkan Calon Konsumen Baru

Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon konsumen. Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi dari luar negeri. Bahkan blog ini saja sering mendapatkan kunjungan dari luar negeri, terbukti dari banyaknya komentar asing yang masuk ke blog ini.

  1. Kemudahan Memberi Informasi

Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda meski jaraknya sangat jauh.

Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.

 

  1. Branding

Branding didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk membuat nama, simbol atau pun identitas untuk membedakan satu produk/jasa dengan produk/jasa yang lain. Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu lho .

Sumber Gambar :

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3865022/3-hal-yang-dibutuhkan-untuk-jadi-pengusaha-sukses

Sumber Referensi :

https://howieandbelle.com/ukm/

https://www.puplas.com/10-manfaat-dan-keuntungan-memiliki-website-bagi-perusahaan/

Translate »
error: