Kenapa sih aplikasi seperti Tik Tok bisa cepat digandrungi masyarakat?

Kenapa sih aplikasi seperti Tik Tok bisa cepat digandrungi masyarakat? Seperti yang kita tahu, pengguna aplikasi Tik Tok di Indonesia sangatlah banyak yang terdiri berbagai macam kalangan. Ketika penulis memuat artikel ini, aplikasi Tik-Tok sudah diunduh lebih dari 50 juta unduhan di Playstore.

Jadi kenapa Tik Tok bisa sangat banyak penggunanya khususnya di Indonesia? Berikut ada delapan hal yang membuat aplikasi ini cepat populer yang kami kutip dari viva.co.id :

Kreator muda

Tik Tok tahu betul potensi generasi muda dalam memacu pertumbuhan trafik dan aplikasi. Sejak awal, platform video pendek ini telah membidik kaum ini dengan gelontoran investasi tak sedikit, US$300 juta.

Di China, tim Tik Tok agresif mengakses ke sekolah musik dan seni serta merekrut artis muda yang cakep dan cantik untuk memproduksi konten di platformnya. Tak heran siasat ini dengan cepat memacu pertumbuhan pengguna platform.

Kekuatan orang biasa

Tik Tok tak hanya mengandalkan selebriti internet untuk produksi konten viral di platformnya. di China, aplikasi ini aktif bekerja sama dengan prganisasi multi channel network (MCN), organisasi di China khusus dalam mencetak orang biasa menjadi selebriti internet.

Jadi tak heran banyak video viral di Tik Tok yang berasal dari orang biasa. Hans Tung berpandangan, orang biasa dalam menciptakan konten justru punya kekuatan, mereka benar-benar kreatif dan impresif.

Hashtag

Tik Tok tahu betul kekuatan hashtag dalam memviralkan sebuah konten. Makanya secara reguler aplikasi ini meluncurkan hashtag untuk topik yang sedang tren pada platformnya.

Hashtag ini membuat ratusan ribu orang turut berpartisipasi membuat video mereka pada saat yang sama dan memakai hashtag tersebut. Video pun bisa cepat viral.

Fitur video lengkap

Tik Tok menyediakan serangkaian tool yang memungkinkan pengguna bisa dengan mudah membuat video melalui smartphone.

Tool yang disediakan meliputi latar belakang musik untuk membuat video makin asyik, berbagai filter video, tool edit video yang mudah dipakai. Segudang fitur ini membuat pengguna mudah membuat video yang berkualitas.

Interaksi langsung

Kekuatan Tik Tok lainnya yakni punya kemampuan interaksi dua arah secara langsung antara kreator konten dengan pengguna.

Tik Tok memungkinkan pengguna melihat video dan langsung komentari konten tanpa harus menghentikan video yang berjalan. Selain itu kreator video juga bisa berinteraksi langsung dengan pengguna untuk berdiskusi.

Personalisasi

Platform ini memang memakai teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk mengembangkan aplikasi. Tik Tok akan menunjukkan kepada pengguna, konten yang selama ini tak pernah dilihatnya. Dengan cara ini, pengguna secara konstan akan menemukan kreator baru yang menyajikan konten sesuai selera pengguna.

Tik Tok juga menggunakan teknologi pengenalan wajah dan mensegmentasi tubuh pengguna, serta efek spesial. Salah satunya adalah pengguna bisa mengubah warna salah satu rambut atau menghapus latar belakang video.

Di mana ada konten, di situ ada jualan

Tik Tok memungkinkan kreator menyematkan tatan produk pada video mereka. Cara ini dianggap bagus untuk iklan kepada pengguna. Jadi saat pengguna menonton video, ikon shopping cart akan muncul di sisi kanan layar. Pengguna yang tertarik membeli produk bisa mengklik ikon tersebut.

Konten lokal

Saat Douyin (nama aplikasi Tik-Tok di China) ekspansi ke pasar global luar China, platform ini tak ada bedanya dengan versi aslinya di China. Namun Tik Tok di berbagai negara muncul dengan konten dan kebutuhan lokal. Misalnya Tik Tok di Korea Selatan didominasi dengan video K-pop, di Indonesia fitur memoles wajah menjadi salah satu genre yang populer.

Itulah beberapa alasan kenapa aplikasi Tik Tok ini cepat populer dan digandrungi masyarakat di Indonesia bahkan dunia. Tapi ingat, tetaplah gunakan berbagai media sosial seperti ini dengan cara dan konten yang positif. Terima kasih

Translate »
error: