Kenali Ciri Hoax

Hoax,

kata yang satu ini memang sangat populer sekali di dunia maya. Semua netizen yang aktif di internet, dan sering nongkrong di medsos. Pasti tahu dengan yang namanya hoax. Namun, orang awam masih saja banyak yang tertipu dengan berbagai berita hoax yang tersebar di internet. Maka dari itu, agar kamu terhindar dari bahaya berita hoax. Alangkah baiknya kamu menyimak tentang pengertian hoax di bawah ini.

Apa sih hoax ?

Hoax jika diterjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia melalui bantuan google translate, memiliki arti atau makna “berita palsu”.

Hoax jika diambil dari berbagai kamus bahasa inggris dan dari berbagai sumber, pada intinya adalah sebuah kabar atau berita palsu yang disebar dengan tujuan tertentu. Sehingga berita yang tadinya palsu tersebut, seolah-olah tampak benar dan nyata adanya. Padahal berita tersebut adalah berita bohong yang tidak jelas asal-usul, sumber dan kebenarannya.

Ciri-ciri hoax :

Berita atau kabar hoax yang beredar di dunia maya atau internet sangat cepat sekali penyebaran nya. Apalagi jika berita tersebut sesuai dengan pandangan atau opini seseorang yang membaca dan melihatnya. Maka, tanpa pandang bulu, berita tersebut langsung saja di share di berbagai sosial media yang ada. Karena itulah sampai muncul sebuah istilah yang mengatakan “Apa yang lebih cepat dari cahaya ?, jawaban nya tentu orang bodoh share berita hoax”.

Nah, maka dari itu agar kamu tidak termakan oleh fitnah dan bahaya dari berita hoax ini. Alangkah baiknya jika kamu mengenali ciri dari berita / kabar hoax di bawah ini.

  1. Berita hoax tidak jelas sumbernya. Berita hanya berupa rumor, yang menyebar dari satu orang ke orang lain nya. Baik gambar dan isi bacaan tidak ada sumber dan asal-usulnya. Info atau sumber berita Cuma kata si anu, kata si a, kata si b, dsb. Dari satu orang ke orang lain nya selalu berbeda pendapat mengenai asal-usul munculnya berita hoax tersebut.
  2. Berita hoax biasanya dibuat dengan isi bacaan yang dilebih-lebihkan. Berita hoax biasanya dibuat dengan info atau cerita karangan yang dilebih-lebihkan. Biasanya sang penyebar di sosmed selalu meminta like, komen amin dan sebarkan / viralkan.
  3. Setelah diteliti isi dari berita hoax tersebut. Baik nama, kejadian, foto, cerita dan segala konten yang ada di berita hoax. Sama sekali tidak ada di internet. Atau juga Tidak ada sumber yang dapat dipercaya / tidak jelas. Penyebar pertama dari berita Cuma situs gratisan yang tidak jelas asal-usulnya. Berita hoax tidak terbukti kebenaran nya ketika ditelusuri asal-usul maupun isi berita yang ada. Baik dari berbagai sumber yang terpercaya, seperti korban yang dijadikan hoax, keluarga maupun orang terdekat dan semua sumber terkait yang terpercaya lain nya (tetangga, masyarakat, polisi, sejarawan, para ahli dll). Berita hoax tersebut sama sekali tidak terbukti keabsahan nya.

Pada intinya berita hoax adalah berita palsu, berita bohong yang tidak jelas asal-usul dan kebenaran nya. Maka dari itu, sebelum menerima, menyebarkan atau menshare suatu berita / kabar. Teliti dulu kebenarannya, agar kamu tidak termakan hoax dan menjadi penyebar fitnah dan berita palsu di internet.

Translate »
error: