Cara Mengirim Notifikasi Dengan WordPress

Hallo para developer CMS khususnya Wordprees…

admin ingin sharing tutorial mengenai Cara Mengirim Notifikasi Dengan WordPress, langsung aja kita scrool ke bawah..

Pertanyaan yang pertama dalam benak sodara pasti..

1. Bagaimana cara mengirim notifikasi dengan wordpress ?

Pernahkah sodara memperhatikan pemberitahuan dorongan web yang digunakan di situs terkenal seperti Facebook, YouTube, LinkedIn dan banyak lainnya? Jika sodara mengunjungi situs web yang sedang tren, sodara dapat mengamati menu seperti kotak di pojok kiri atas yang mencerminkan beberapa jenis notifikasi dari situs tersebut.

Untuk kemudahan sodara, cukup mudah untuk menambahkan dan mengirim notifikasi push web dengan bantuan WordPress. Pemberitahuan push web dengan WordPress memiliki kekuatan untuk bekerja sepuluh kali lebih baik daripada strategi pemasaran sodara. Dalam tutorial ini, sodara akan belajar tentang proses langkah-demi-langkah untuk menyiapkan notifikasi push web dengan WordPress.

2. Mengapa Menambahkan Pemberitahuan Push Web dengan Situs WordPress?

Notifikasi push web berfungsi sebagai ikon atau pesan yang dapat diklik yang ditampilkan di pojok atas desktop pengguna atau di bawah desktop pengguna. Notifikasi ini bisa ditampilkan meski pengguna belum membuka desktop mereka. Selain browser situs web, notifikasi juga ditampilkan di browser seluler.

Situs web terkenal seperti Facebook, LinkedIn, Pinterest, dan beberapa lainnya menggunakan notifikasi push web untuk keterlibatan pengguna yang lebih baik. Notifikasi push web berfungsi untuk menjadikan web sangat menarik dan berkonversi daripada perpesanan normal, pemasaran email, dan berbagai sumber pemasaran media sosial lainnya.

Sesuai survei terbaru, notifikasi push web telah menghasilkan lebih dari 50% tingkat keberhasilan pada perangkat seluler. Ini menyiratkan meningkatnya pemirsa yang terlibat di situs WordPress bersamaan dengan peningkatan yang signifikan dalam keseluruhan kunjungan halaman dan pelanggan yang kembali.

3. Cara menyiapkan Notifikasi Push Web yang Dipersonalisasi dengan plugin OneSignal di WordPress

OneSignal adalah layanan online gratis yang memungkinkan pemilik situs WordPress memasukkan dan mengirim notifikasi push web ke beberapa web, situs web, atau bahkan aplikasi seluler. Layanan gratis ini dapat menghasilkan keajaiban bagi sodara dengan menciptakan sejumlah konversi yang baik setiap hari.

Setiap kali sodara membuat posting, audiens sodara akan diberitahu di browser mereka tentang posting terakhir sodara. Jika sodara ingin menggunakan OneSignal untuk mengirim pemberitahuan push web dengan WordPress, sodara dapat mengikuti serangkaian langkah sederhana seperti:

Langkah 1: Untuk mulai menggunakan OneSignal untuk mengirim notifikasi push web, sodar harus terlebih dahulu menginstal dan mengaktifkan plugin OneSignal di situs WordPress atau browser web sodara.

Langkah 2: Setelah mengaktifkan plugin OneSignal di browser atau situs sodara, sodara perlu maju ke Login. Jika sodara belum membuat akun dengan OneSignal, sodara harus mendaftar dengan memasukkan nama email, kata sandi, perusahaan atau organisasi anda, dan dengan menyetujui persyaratan dan ketentuan yang diberikan, sodara dapat mendaftar dengan OneSignal. Dengan menggunakan kredensial, sodara sekarang dapat masuk ke halaman OneSignal.

Langkah 3: Setelah masuk ke dasbor utama OneSignal, ini menunjukkan jumlah konversi yang telah sodara lakukan setiap hari.

Langkah 4: sodara juga menemukan menu yang bertuliskan “Add a New App” di dasbor. sodara bisa mengklik tanda “+”. Sebuah kotak akan muncul dimana sodara harus memasukkan nama aplikasi dan kemudian klik “create” untuk menambahkan yang sama.

Langkah 5: Setelah membuat aplikasi baru, subpage akan muncul yang meminta sodara mengedit beberapa aplikasi yang baru sodara buat. saodara bisa menutupnya untuk saat ini.

Langkah 6: Dari dasbor utama, Sodara harus membuka Setelan Aplikasi. Submenu muncul yang menampilkan banyak menu seperti platform, administrasi, Tombol & ID, dan Pengguna Impor dari Layanan Lain. Di bawah kolom Platform, Sodara akan melihat opsi “Google Chrome dan Mozilla Firefox”. Sodara dapat menyetel notifikasi push web untuk peramban web utama seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Apple Safari.

Langkah 7: Tepat di sebelah masing-masing opsi ini, Sodara dapat mengklik opsi “Configure” untuk mengaktifkan pemberitahuan push web Sodara di browser web yang diinginkan. Pada “Configure Platform”, Sodara perlu memasukkan URL situs.

Langkah 8: Selanjutnya, masuk ke kolom Keys & IDs pada App Settings. Di sini, Sodara hanya perlu menyalin dan menempelkan ID Aplikasi OneSignal yang diberikan ke ikon plugin situs Sodara. Jadi, kembali ke dashboard situs WordPress Sodara, masuk ke Plugins> Add New.

Langkah 9: Di Bar Pencarian Kata Kunci, cari OneSignal Plugin. Klik ikon “Install Now” di sebelah nama plugin. Setelah dipasang, segarkan dasbor situs Sodara. Sekarang akan menampilkan status “Aktif”. Setelah aktif, Sodara bisa melihat “OneSignal Push” di menu kiri bawah dasbor Sodara.

Langkah 10: Klik pada “OneSignal Push”. Sekarang, salin ID Aplikasi OneSignal dari bagian “Tombol & ID” OneSignal. Sekarang tempelkan di bagian App ID di Setelan Akun OneSignal Push. Ulangi hal yang sama untuk Kunci API REST.

Langkah 11: Sekarang, gulir ke bawah. Sodara dapat mengubah Judul Pemberitahuan sesuai dengan kategori yang mewakili bisnis Sodara. Hal lain yang penting untuk dicek di sini adalah “Otomatis meminta pengunjung situs baru agar berlangganan pemberitahuan push”. Sodara dapat mengaktifkannya saat ada orang yang mengunjungi situs Sodara, maka secara otomatis akan muncul dan memberi tahu pengguna tentang posting dan penawaran Sodara segera. Sodara juga perlu memeriksa opsi yang bertuliskan “Kirim pemberitahuan ke platform iOS & Android”.

Langkah 12: Ada berbagai pilihan untuk menyesuaikan notifikasi push web Sodara. Sodara bisa mengubah ukuran, posisi, tema, dan sebagainya. Dengan dashboard dan App Setting OneSignal Push ini, Sodara sepenuhnya memegang kendali atas pemberitahuan push web yang akan dikirim melalui situs WordPress Sodara. Setelah selesai menyesuaikan setelan push, Sodara dapat menggulir ke bagian bawah halaman dan tekan “Save”.

Masih bingung? silahkan lihat video dibawah ini..

Pengunjung yang baik pasti berkomentar dan berbagi.. 😀

Translate »
error: