Apa saja sih Antivirus yang sering digunakan ?

Macam – macam Antivirus yang sering digunakan

Setelah  pada postingan sebelumnya saya sedikit memaparkan tentang pengertian virus dan jenisnya, pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan beberapa macam Antivirus yang sering kita gunakan. Setiap ada masalah pasti ada solusi, begitu juga pada virus. Virus yang menjadi masalah dan Antiviruslah solusinya. Berikut tentang beberapa antivirus yang sering digunakan, diantaranya :

Avira

Antivirus ini umum digunakan karena bisa dipasang pada operasi system computer  lama baik xp, windows 7 dan lainnya.

-Kelebihan :

tidak terlalu over protektif, dijalankan sebagai proses Background, memeriksa setiap file yang dibuka dan ditutup. Dimana hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan rootkits, update offline mudah.

-Kelemahan :

Memblokir semua file autorun.inf yang bukan termasuk dalam kategori virus sehingga dapat  sedikit mengganggu.

Pada sistem update langsung  ,membutuhkan waktu yang  lumayan lama.

 

 AVG

AVG adalah program antivirus yang dibuat oleh AVG Technologies. AVG sudah memiliki fitur yang lengkap dalam perihal keamanannya. Jadi sistem proteksi pada AVG dinilai lengkap dan canggih.

-Kelebihan :

Keunikan AVG dari antivirus lain ialah LinkScanner. Guna LinkScanner adalah men-scan tautan pranala saat menjelajah di dunia maya. Link Scanner berfungsi dengan baik pada peramban Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Selain itu, kelebihan dari AVG adalah tersedianya fitur Anti-Rootkit.

-Kelemahan  :

AVG sebagian besar hanya akan meng-karantina virus yang dideteksi, tidak seperti antivirus lain yang dapat menghapus saat pendeteksian. AVG memang kuat pada pendeteksian, tetapi sering dinilai lambat dalam pemindaian.

 

Avast!

Avast! adalah sebuah program anti-virus yang dikembangkan oleh Alwil Software yang berdomisili di Praha, Republik Ceko.

-Kelebihan:

Antivirus ini bekerja dengan sangat teliti.Tampilannya yang sederhana, sehingga tidak memberatkan proses kerja komputer, dan updatenya lumayan cepat.

-Kelemahan  :

karena ketelitiannya dalam proses  scan-nya pun memerlukan waktu yang lama. false alarmnya lumayan banyak.

 

eset NOD32

Anti virus ini menjuarai antivirus paling ringan diantara antivirus yang lain.

-Kelebihan  :

Anti virus ini memang ringan, proses scannya sangat cepat

-Kelemahan :

anti virus ini sangat overprotektive, dan belum tersedia update offline.

 

Smadav

Anti virus yang satu ini sangat ringan, bisa dipakai di berbagai macam os windows, dan banyak diminati oleh masyarakat indonesia. antivirus ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh antivirus lain yaitu mampu membetulkan segala file hidden akibat virus shorcut dengan cepat.

 

Semoga bermanfaat .

Translate »
error: