Apa itu Bootstrapp? bagaimana cara menggunakan Bootstrapp?

Apa itu Bootstrapp? bagaimana cara menggunakan Bootstrapp?. Bootstrapp adalah sebuah Aplikasi open source yang berupa framework atau kerangka kerja untuk membangun suatu website yang dinamis dengan menggunakan bahasa script CSS (Cascade Style Sheet). BOOTSTRAP memudahkan developer dan designer untuk membuat sebuah aplikasi web menjadi cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

Bootstrap merupakan framework untuk membangun desain web secara responsif. Artinya, tampilan web yang dibuat oleh bootstrap akan menyesuaikan ukuran layar dari browser yang kita gunakan baik di desktop, tablet ataupun mobile device. Fitur ini bisa diaktifkan ataupun dinon-aktifkan sesuai dengan keinginan kita sendiri. Sehingga, kita bisa membuat web sesuai dengan kebutuhan kita mau dibuat website yang dinamis maupun dibuat statis.

Bagaimana cara menggunakan Bootstrap?

1.  Pastikan sudah mendownload Bootstrap nya terlebih dahulu, kalian bisa dapatkan di situs resminya disini  disini penulis menggunakan Bootsrapp versi 3.3

2. Jika sudah didownload, ekstrak dulu hasil nya sehingga muncul file seperti dibawah ini :

3. Buat folder baru didalam htdocs untuk membuat sebuah project, disini penulis membuat folder dengan nama “nyobaCV”. tp sebelumnya kalian harus menginstall XAMPP web server di komputer kalian, nanti akan secara otomatis akan muncul folder htdocs seperti dibawah ini :

4. Kemudian tempelkan folder Bootstrapp tadi di dalam folder nyobaCV, lalu tambahkan folder img untuk menambahkan media gambar pada website yang akan dibuat.

5. Lalu tambahkan file index.html di folder nyobaCV diatas, lalu buka dengan Text Editor yang kalian punya. disini penulis menggunakan Visual Studio Code untuk menulis kodingan yang akan dimuat, seperti ini :

6. Setelah itu kita masukan dulu struktur dasar dari format HTML nya, dan disini Bootstrapp telah menyediakan template nya tinggal kita copy-paste di kodingan kita. Kalian bisa mencari template kodingan tersebut disini

 

7. Setelah itu tinggal kita coba jalankan dengan mengakses alamat “localhost/nyobaCV” pada browser kita, tadaaaamm!! Bootstrapp sudah berhasil diinstal

Begitulah cara meng-instali framework Bootstrapp pada project kita. Untuk artikel selanjutnya kita akan sama-sama belajar bagaimana cara memakai atau memanggil kelas-kelas yang ada pada Bootstrap tersebut. So stay tune! and thankyou!

Translate »
error: