Al-Jazari : kisah terbentuknya robot (Part 1)

Sumber :http://www.pil-tei.com/wp-content/uploads/2017/01/asimo_v2-768×432.jpg

Siapa yang tak mengenal negera Jepang? Negara pohon sakura ini memiliki keindahan yang sangat langka bila memasuki musim semi, pasal nya bunga-bunga indah seperti pohon sakura akan tumbuh mekar dengan indah nya dan tidak bertahan lama karena pergantian musim. Jepang diakui memiliki banyak orang-orang cerdas di dalam nya, tetapi tak sedikit orang luar datang bekerja di Jepang termasuk orang Indonesia. Jepang saat ini menjadi negara terkenal dengan teknologi canggih nya. Tidak heran bila Jepang telah memproduksi Robot yang bisa melakukan aktivitas layaknya seperti manusia.

Jepang adalah negara yang telah merilis robot yang sangat canggih, robot tersebut dibuat oleh Honda dan diberinama ASIMO. ASIMO adalah singkatan dari “Advanced Step in Innovative Mobility.” ASIMO dianggap sebagai robot Jepang humanoid tercanggih di dunia dengan tinggi 130 cm dan berat 54 kg. Robot ini dikembangkan oleh Honda Motor Co., Ltd.,

ASIMO dilahirkan pada tanggal 31 Oktober 2000 dari hasil program R&D robotik Honda yang didirikan pada 1986. Dipimpin oleh Mr. Masato Hirose, Senior Chief Engineer of the Wako Research Institute, Honda R&D Co., Ltd., tim pengembangan robot berangan menciptakan robot yang bisa menjadi teman bagi manusia. Impian ini berujung pada konsep “menyatukan berbagai fungsi mekanis dengan teknologi maju untuk meningkatkan kualitas hidup manusia,” yang mendasari road map Honda dalam pengembangan robot.

Pada kurun 14 tahun terakhir, Honda telah mengembangkan tujuh robot eksperimen dan tiga robot prototipe. Setelah berbagai usaha, proyek ini berbuah pada tahun 2000 dengan peluncuran resmi ASIMO sebagai representatif dari teknologi robot humanoid.aat ini robot biasanya diasosiasikan dengan kemajuan teknologi di Jepang. Pasalnya, negeri sakura tersebut memang begitu rajin mengembangkan model-model robot terbaru yang membuat banyak orang berdecak kagum.

Dari kehebatan robot ASIMO yang merupakan teknologi mekanis seperti ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Konsep mekanis dan robot sebenarnya sudah dikenalkan ratusan tahun lalu oleh Al-Jazari, seorang ahli mekanis muslim yang hidup pada tahun 1136-1206.

Cendekiawan Muslim yang Diakui Dunia

Sumber :https://goo.gl/images/qWaZy6

Hanya sedikit yang diketahui tentang Al-Jazari, dan kebanyakan berasal dari perkenalannya dari buku “Pengetahuan Ilmu Mekanik”. Nama Al-Jazari berasal dari tempat kelahirannya, Al-Jazira, Mesopotamia — nama tradisional Arab untuk wilayah di batian utara Mesopotamia dan sekarang dikenal sebagai wilayah tenggara Turki, di antara Sungai Tigris dan Sungai Efrat. Seperti ayahnya, dia mengabdi sebagai kepala insinyur di Istana Artuklu, kediaman dari Dinasti Artuqid cabang Mardin yang memerintah wilayah timur Anatolia sebagai wilayah pengikut dari Dinasti Zangid dan selanjutnya Dinasti Ayyubiyyah.[1]

Al-Jazari adalah seorang cendekiawan muslim yang meraih kesuksesan dan ketenaran berkat buku mekanis terkenalnya, Al-Jami bayn al-ilm wa ‘l-amal al-nafi fi sina `at al-hiyal (Buku Pengetahuan Peralatan Mekanis). Buku ini telah menjadi karya inovatif dan menjadi awal dari sejarah perkembangan teknologi. Bagaimana tidak, saat itu Eropa masih berada pada abad pertengahan sementara Al-Jazari telah berhasil menciptakan dan membuat peralatan dengan konsep mekanis dan otomatis.

Al-Jazari yang merupakan seorang ahli sejarah mengemukakan bahwa roda gigi segmental pertama muncul di buku Al-Jazari. Sementara di Barat, benda ini baru muncul dalam karya jam astronomis Giovanno de Dondi pada tahun 1364 dan istilah mekanisnya baru menyebar oleh pengaruh ahli mekanis Siena, Francesco di Giorgio pada tahun 1501. Bahkan 800 tahun setelah ia meninggal dunia, sejarah ilmu pengetahuan modern begitu menghargai karya dan ide-idenya di kehidupan saat ini.

Referensi :

https://www.boombastis.com/ahli-mekanika-muslim/54878

http://www.pil-tei.com/teknologi/asimo-robot-canggih-dapat-membantu-manusia/

https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Jazari

http://www.muslimheritage.com/article/list-al-jazari-articles-published-muslim-heritage-website

 

Translate »
error: