10 point dalam membuat situs e-commerce

Perdagangan elektronik pada saat ini memang menjadi daya tarik dalam berbisnis dikarenakan banyak sekali kesempatan dan keuntungan yang bisa diambil dari bisnis ini.

Perdagangan elektronik (e-commerce) adalah kegiatan penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik dengan menggunakan media televisi, dan computer yang terhubung ke jaringan internet.

Dalam membuat situs e-commerce sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar, situs e-commerce yang kita buat dapat berjalan sesuai keinginan pelanggan dan tentu nya harus bisa menarik pelanggan karena dalam bisnis ini pelanggan adalah prioritas. Web e-commerce kamu harus terlihat oleh mesin pencari kemudian navigasinya yang harus mudah mengkonversi pengunjung yang menjadi pelanggan. Navigasi boleh sederhana yang penting mudah dimengerti oleh pengunjung.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat web e-commerce :

·                     Buat lah navigasi yang sederhana

Pengunjung kamu datang ke situs mendapatkan informasi yang diperlukan dan untuk melakukan pembelian. Membuatnya sangat mudah bagi mereka tentu akan semakin menarik perhatian netizen untuk berlama-lama apalagi ditambah promo-promo. Biarkan netizen menelusuri halaman web situs yang kamu buat dan memilik produk yang berbeda dengan hanya satu klik. Beberapa fitur utama dan faktor-faktor yang berkontribusi ke menu mudah pada situs ecommerce meliputi :

·                     Menu Drop Down Besar

·                     Sitemap HTML

·                     Loading cepat

·                     Tampilan tidak norak

Bila kamu membuatnya mudah bagi pengunjung untuk menemukan informasi yang diperlukan, selanjutnya kamu memindahkan mereka melalui saluran penjualan.

·                     Menyediakan kotak pencarian

Termasuk kotak pencarian di semua halaman situs dan membuatnya mudah untuk ditemukan. Pencarian bar digunakan lebih sering pada situs E-commerce dari pada situs-situs lain. Bahkan, banyak webmaster tidak menyadari seberapa sering digunakan di toko-toko online mereka, tetapi pengunjung kamu lebih mungkin untuk menggunakan bar bercarian ketika mereka tidak dapat menemukan produk atau tidak tahu apa yang mereka cari. Sebuah bar pencarian harus memiliki fitur yang dapat mempermudah pengunjung untuk mencari produk apa yang mereka mau.

 

·                     Gunakan Gambar Asli yang berkualitas tinggi

Jika kamu sudah memiliki situs e-commerce, pastikan produk yang kamu jual memiliki kualitas gambar yang tinggi. Gambar adalah cara anda menampilkan produk untuk pembeli, jadi pastikan mereka jelas dapat menggambarkan produk, jasa dan merek. Selain meng-upload foto resolusi tinggi, disarankan untuk menggunakan gambar asli dari produk.

karena gambar yang tidak jelas dan resolusi rendah lebih mungkin untuk secara tidak langsung menempatkan pelanggan anda pergi. 

 

·                     Menggunakan Widget dan Plugins

Gunakan Widget seperti produk terkait, produk populer dan produk paling laris dan lainnya. Hal ini tidak hanya akan membantu pengunjung dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, tetapi juga akan meningkatkan navigasi situs kamu.

 

Sertakan Deskripsi Kualiatas Produk

Deskripsi produk kamu memainkan dua peran penting :

·                     Deskripsi kualitas produk membantu meningkatkan peringkat pencarian halaman produk yg dijual

·                     Deskripsi kualitas produk memberikan informasi produk yang dibutuhkan untuk pembeli potensial

Deskripsi produk yang baik juga melayani tujuan-tujuan berikut :

·                     Membantu membangun hubungan emosional

·                     Membantu pembeli potensial dalam mengambil tindakan.

·                     Membantu meningkatkan tingkat konversi dan pendapatan

·                     Deskripsi produk kamu bekerja sebagai asisten penjualan. 

Pastikan bahwa deskripsi memberikan spesifikasi rinci tentang produk. Berat dan dimensi adalah diperlukan untuk produk tertentu dan harus dimasukkan dalam semua deskripsi produk. Kamu mungkin mempunya produk terbaik untuk ditawarkan, tetapi bisa dalam penjualan kurang diminati karena kamu tidak menjelaskan manfaat dan fiturnya. Mengambil keuntungan dari setiap bagian dari website untuk membuatnya efektif bagi konsumen dan terlihat di mesin pencari.

 

·                     Review Produk dan Penilaian (Feedback)

Review produk dan peringkat yang dapat membuktikan menjadi elemen paling kuat dalam meningkatkan tingkat konversi kamu. Menurut laporan, 60 % dari pengguna lebih cenderung untuk membeli produk dari toko eCommerce jika memberikan ulasan produk dan peringkat. Apalagi ketika seorang pelanggan menulis ulasan positif dan tarif produk kamu, itu adalah nilai plus untuk kamu. Memiliki pelanggan yang memberitahukan kepada orang lain tentang produk kamu adalah cara terbaik promosikan produk kamu.

Ulasan juga dapat membantu mengubah pengunjung biasa menjadi pembeli. Ulasan dianggap sangat berharga dalam meyakinkan dan mengkonversi. Laporan yang sama juga mengkali bahwa lebih dari 70% dari pengguna akan memeriksa ulasan sebelum melakukan pembelian. Ulasan negatif biasanya tidak digubris oleh pengunjung sekalipun produk ditawarkan lebih bagus dan lebih murah. 

Selain itu, review produk dan penilaan dapat membantu kamu ditemukan dan diklik menggunakan Google Structured data Markup. The Structured Data Markup memungkinkan konten kamu untuk diindesk lebih cerdas dan menampilkan konten dalam cara yang terbaik untuk dilihat, dipahami dan ditemukan secara online.

 

·                     Membuat info Produk Dalam Persediaan/ Tidak Tersedia

Banyak sekali pembeli yang datang ke sebuah situs jual beli kecewa dan jengkel karena tidak menampilkan produk yang dijual ternyata habis (tidak ada stok). Ada kemungkinan mereka tidak akan kembali ke situs kamu. 

Pastikan dengan jelas label semua dari persediaan barang jualan dengan tulisan atau warna-warna cerah. Pastikan bahwa ada pilihan bagi pembeli untuk memasukkan email mereka untuk menerima pemberitahuan bila produk sudah tersedia lagi. Mengumpulkan alamat email adalah strategi teruji untuk membantu mengurangi jumlah penjualan kamu.

 

·                     Tampilkan Biaya Pengiriman dan Biaya Kemas di halaman depan

Banyak toko online akan menampilkan biaya pengiriman pada saat checkout. Sebagai saran sederhana, jangan lakukan itu. Tampilkanlah biaya pengiriman dan biaya kemas dimuka dengan memungkinkan pengguna untuk memasukkannya atau melakukan pengecekan terlebih dulu. Jangan mengejutkan pelangga dan membantu mereka memahami biaya apa yang harus ditambahkan ketika ingin berbelanja di website karena hal ini akan sangat memungkinkan pelanggan yang tadinya berniat membeli akan mengurungkan niatnya.

 

·                     Mudahkan Proses Checkout

Masih begitu banyak tempat belanja online yang menyulitkan pelanggan mereka dengan harus melalui beberapa halaman selama proses checkout. Semakin lama proses checkout, semakin kecil kemungkinan pelanggan akan menyelesaikannya. Pelanggan tentunya tidak ingin menjumpai kerumitan dalam membeli produk yang mereka inginkan, apalagi dengan proses yang lama, dapat dipastikan mereka akan segera meninggalkan situs kamu.

Buat halaman checkout cepat. Buatlah semudah mungkin bagi pengunjung untuk memberikan informasi yang diperlukan dan melakukan pembayaran. Ini akan membantu meningkatkan kemungkinan membawa mereka kembali ke situs anda lagi.

 

·                     Buat Sistem Pembayaran Lengkap, Mudah dan Aman

Pelanggan tentu selalu ingin melakukan proses pembelian pada situs toko online dengan pembayaran yang dimilikinya. Jika ia ingin pembayaran dengan kartu kredit, tunai, paypal dan jenis pembayaran lainnya harus disediakan. Mereka tentu tidak ingin mendengar alasan-alasan kamu, yang penting bagi mereka sistem pembayaran harus lengkap, mudah dan aman. Melihat banyak kasus yang terjadi tentang penipuan-penipuan belanja online tentu pelanggan akan lebih selektif dalam berbelanja secara online jika situs toko online yang kita buat tidak didukung dengan system pembayaran yang lengkap

 

·                     Desain Website yang Responsif

Hal ini penting untuk diingat bahwa pengunjung dan pelanggan potensial dapat datang melalui berbagai jenis perangkat. Dengan pertumbuhan yang stabil dari penjualan online yang datang melalui perangkat mobile. Bila kamu membuat situs jangan hanya untuk pengguna desktop, tetapi untuk perangkat selular kecil potensial, kamu juga harus melihat situs web itu sendiri dari berbagai perangkat berbeda. Web desain yang responsif sekarang memiliki banyak manfaat yang berbeda seperti membuat lebih mudah bagi seseorang untuk melakukan pembelian di situs, untuk menunjukkan pada mesin pencari bahwa website kamu adalah mobile dan sebagai hasilnya situs kamu mendapatkan peningkatan pertumbuhan peringkat.

Pada intinya, dalam membangun sebuah situs web e-commerce hal yang harus diprioritaskan adalah kenyamanan pelanggan, buat pelanggan agar nyaman berlama-lama melihat situs web e-commerce yang kamu buat dan yang paling penting Jangan mempersulit tetapi menyederhanakan proses akuisisi pelanggan sehingga pelanggan meninggalkan situs anda bahagia dan datang kembali.

 

Sumber : http://idemotivasibisnis.blogspot.com/2015/08/tips-membuat-website-e-commerce-sarana-bisnis-lebih-baik.html

Translate »
error: